KAJIAN FIQIH
KITAB NIHAYATUZ ZAIN
Karya Syaikh Nawawi Al Bantani
بسم الله الرحمن الرحيم
قال المصنف رحمه الله تعالى :
ﻭَﺷَﺮْﻁُ اﻟْﻌَﻤَﻞِ بِالْاِﺟْﺘِﻬَﺎﺩِ ﻇُﻬُﻮُﺭُ الْعَلَاﻣَﺔِ
Dan syarat beramal dengan ijtihad adalah nampak adanya tanda
ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﻈْﻬُﺮْ ﻟَﻪُ ﺷَﻲْءٌ
jika tidak nampak baginya sesuatu apapun
ﺃَﺭَاﻕَ اﻟْﻤَﺎءَﻳْﻦِ
Maka ia menumpahkan kedua air itu.
Qultu :
Menumpahkan kedua air yang tidak jelas mana yang suci dan mana yang najis sehingga yakin tidak ada air yang tersisa.
ﺃَﻭْ ﺧَﻠَﻂَ ﺃََﺣَﺪَﻫُﻤَﺎ ﺃَﻭْ ﺑَﻌْﻀَﻪُ ﺑِﺎلْآﺧَﺮِ
Atau mencampurkan salah satunya atau sebagiannya dengan yang lain
Qultu :
Mencampurkan kedua air sehingga menjadi yakin tidak tersisa lagi air yang suci.
ﺛُﻢَّ ﺗَﻴَﻤَّﻢَ
kemudian ia bertayamum
Qultu :
Jika yakin tidak ada lagi air yang suci dengan sebab ditumpahkan atau dicampurkan maka ia boleh bertayamum.
ﻭَﻋُﻠِﻢَ
Dan diketahui
ﺃَﻥَّ ﻫَﺬَا ﺷَﺮْﻁٌ ﻟِﻠْﻌَﻤَﻞِ لَا لِأَﺻْﻞِ الْاِﺟْﺘِﻬَﺎﺩِ
Sesungguhnya hal ini adalah syarat bagi beramal, bukan bagi asal ijtihad.
Halaman : 15
Abdurrachman Asy Syafi'iy
0 comments:
Posting Komentar