KAJIAN FIQIH
KITAB NIHAYATUZ ZAIN
Karya Syaikh Nawawi Al Bantani
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
قَالَ الْمُصَنِّفُ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى :
ﻭَﺃَﻣَّﺎ الْأَﻭَاﻧِﻲ
Dan adapun wadah-wadah
ﻓَﻴَﺤِﻞُّ اﺳْﺘِﻌُﻤَﺎﻝُ ﻛُﻞِّ ﺇِﻧَﺎءٍ ﻃَﺎﻫِﺮٍ
Maka boleh menggunakan semua wadah yang suci
ﻭَﻟَﻮْ ﻧَﻔِﻴْﺴًﺎ ﻛَﻴَﺎﻗُﻮْﺕٍ ﻭَﻧَﺤْﻮِﻩِ
Sekalipun wadah itu sangat berharga seperti (terbuat dari) berlian dan semisalnya
ﺇِلَّا ﺁﻧِﻴَّﺔُ اﻟﺬَّﻫَﺐِ ﺃَﻭِ اﻟْﻔِﻀَّﺔِ ﻓَﺤَﺮَاﻡُ اﺳْﺘِﻌْﻤَﺎﻟِﻬَﺎ ﻭَاﺗِّﺨَﺎﺫِﻫَﺎ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ اﺳْﺘِﻌْﻤَﺎﻝٍ ﻋَﻠَﻰ اﻟﻨِّﺴَﺎءِ ﻭَاﻟﺮِّﺟَﺎﻝِ
Kecuali wadah emas, perak, maka haram menggunakannya dan haram membuat wadah darinya bagi para perempuan dan para lelaki tanpa keperluan memakainya (sebagai perhiasan).
Penjelasan :
Maksudnya wadah air dari emas dan perak itu haram hukumnya, termasuk untuk dijadikan piring, gelas, mangkuk, sendok, panci dan apa saja yang dilarang penggunaannya untuk para wanita dan para lelaki. Kecuali untuk dipakai sebagai perhiasan maka boleh bagi perempuan dan haram bagi lelaki.
Halaman : 16
Abdurrachman Asy Syafi'iy






0 comments:
Posting Komentar