KAJIAN FIQIH
KITAB NIHAYATUZ ZAIN
Karya Syaikh Nawawi Al Bantani
بسم الله الرحمن الرحيم
قال المصنف رحمه الله تعالی
ﻓَﺎﻟﺼُّﻮَﺭُ ﺧَﻤْﺲٌ
Maka gambaran-gambaran (yang sudah tergambarkan) itu ada 5 :
اِﺛْﻨَﺘَﺎﻥِ ﺗَﺼِﺤَّﺎﻥِ ﻣِﻦَ اﻟْﻌَﺎﻣِﻲ ﻭَاﻟْﻌَﺎﻟِﻢِ
dua gambaran sah dari orang awam dan orang alim
ﻭَاﺛْﻨَﺘَﺎﻥِ تَبْطُلَاﻥِ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ
dan dua gambaran batal dari keduanya
ﻭَﻭَاﺣِﺪَةٌ ﺗَﺼِﺢُّ ﻣِﻦَ اﻟْﻌَﺎﻣِﻲ ﻭَﺗَﺒْﻄُﻞُ ﻣِﻦَ اﻟْﻌَﺎﻟِﻢِ
dan satu gambaran sah dari orang orang awam dan batal dari orang alim.
Qultu :
Maksudnya gambaran di dalam hal perincian syarat bisa membedakan mana yang sunnah dibasuh dan mana yang wajib dibasuh. Dan ringkasan gambaran perinciannya antara lain :
1. Membedakan antara yang wajib dan yang sunnah = sah bagi alim dan awam.
2. Meyakini semua wajib = sah bagi alim dan awam.
3. Meyakini semua sunnah = tidak sah bagi alim dan awam.
4. Tahu ada yang wajib dan ada yang sunnah, ia tidak membedakannya, malah meyakini yang wajib adalah sunnah = tidak sah bagi alim dan awam.
5. Tahu ada yang wajib dan ada yang sunnah, tapi ketika ditanya mana yang wajib dan mana yang sunnah dijawab tidak tahu = sah bagi awam dan tidak sah bagi alim.
Dan awam yang dimaksud adalah orang yang baru masuk islam. Bukan orang yang sudah lama masuk islam tapi meninggalkan pengajian. Yang demikian tidak dimaafkan karena faktor kelalaian.
ﻭَﻫَﺬَا اﻟﺸَّﺮْﻁِ ﻣَﻊَ ﻫَﺬَا اﻟﺘَّﻔْﺼِﻴْﻞِ ﻋَﺎﻡٌّ ﻓِﻲْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ اﻟﻌِﺒَﺎﺩَاﺕِ ﻛَﺎلصَّلَاﺓِ ﻭَاﻟﺼَّﻮْﻡِ ﻭَﻧَﺤْﻮِ ﺫَﻟِﻚَ
Syarat ini beserta perinciannya adalah umum di dalam semua ibadah seperti sholat, puasa dan semisal dari yang demikian itu.
ﻟَﻜِﻦَّ ﺑَﻌْﻀُﻬُﻢُ اﺳْﺘَﺜْﻨَﻰ اﻟْﺤَﺞَّ ﻗَﺎﻝَ فَلَا ﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ ﺫَﻟِﻚَ
Akan tetapi sebagian dari mereka mengecualikan ibadah haji, seseorang berkata : Tidak disyaratkan yang demikian itu.
Halaman : 19
Abdurrachman Asy Syafi'iy
0 comments:
Posting Komentar