KAJIAN FIQIH
KITAB NIHAYATUZ ZAIN
Karya Syaikh Nawawi Al Bantani.
بسم الله الرحمن الرحيم
قال المصنف رحمه الله تعالی
ﻭَﺷَﺮْﻃُﻬَﺎ
Dan syarat niat adalah :
ﺇِسْلَاﻡُ اﻟﻨَّﺎﻭِﻱ ﻭَﺗَﻤْﻴِﻴْﺰُﻩُ
ﻭَﻋِﻠْﻤُﻪُ ﺑِﺎﻟْﻤَﻨْﻮِﻱ ﻭَﻋَﺪَﻡُ ﺇِﺗْﻴَﺎﻧِﻪِ ﺑِﻤَﺎ ﻳُﻨَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻛَﺮِﺩَّﺓٍ ﺃَﻭْ ﻗَﻄْﻊٍ
ﺑِﺄَﻥْ ﻳَﺴْﺘَﺼْﺤِﺒَﻬَﺎ ﺣُﻜْﻤًﺎ ﺃَﻣَّﺎ اﺳْﺘِﺼْﺤَﺎﺑُﻬَﺎ ﺫِﻛْﺮًا ﺇِﻟَﻰ ﺁﺧِﺮِ اﻟْﻮُﺿُﻮْءِ
ﻓَﻬُﻮَ ﺳُﻨَّﺔٌ ﻭَﺃَﻥْ لَا ﺗَﻜُﻮْﻥَ ﻣُﻌَﻠَّﻘَﺔً ﻓَﻠَﻮْ ﻗَﺎﻝَ ﻧَﻮَﻳْﺖُ اﻟْﻮُﺿُﻮْءَ
ﺇِﻥْ ﺷَﺎءَ اﻟﻠﻪُ ﻓَﺈِﻥْ ﻗَﺼَﺪَ اﻟﺘَّﻌْﻠِﻴْﻖَ ﺃَﻭْ ﺃَﻃْﻠَﻖَ ﻟَﻢْ ﺗَﺼِﺢَّ ﺃَﻭْ ﻗَﺼَﺪَ
اﻟﺘَّﺒَﺮُّﻙَ ﺃَﻭْ ﺃَﻥَّ ﺫَﻟِﻚَ ﻭَاﻗِﻊٌ ﺑِﻤَﺸِﻴْﺌَﺔِ اﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺻَﺢَّ
1. Islam
2. Tamyiz
3. Mengetahui yang diniatkan
4. Tidak mendatangkan sesuatu yang dapat menafikan niat
seperti murtad dan memutus niat, cara mencegahnya dengan istishab niat secara
hukum, adapun istishab niat secara ingatan sampai akhir wudhu maka yang
demikian adalah sunnah
5. Niat bukan yang digantungkan. Jika seseorang berkata aku
berniat wudhu jika Allah berkehendak, perinciannya : Jika bermaksud
menggantungkan atau memutlakkan maka tidak sah niatnya, atau bermaksud tabarruk
atau bermaksud menegaskan sesungguhnya yang demikian itu terjadi dengan
kehendak Allah Ta'ala maka sah niatnya.
ﻭَﻭَﻗْﺘُﻬَﺎ ﺃَﻭَّﻝُ اﻟﻌِﺒَﺎﺩَاﺕِ ﺇِلَّا ﻧِﻴَّﺔُ اﻟﺼَّﻮْﻡِ فَلَا
ﺗَﺠُﻮْﺯُ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﻣُﻘَﺎﺭَﻧَﺔُ اﻟْﻔَﺠْﺮِ ﺇِﺫَا ﻛَﺎﻥَ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟِﻮُﺟُﻮْﺏِ ﺗَﺒْﻴِﻴْﺖِ
اﻟﻨِّﻴَّﺔِ ﻓِﻴْﻪِ ﻭَﺗَﺠُﻮْﺯُ ﻣِﻦْ ﺃَﻭَّﻝِ اﻟﻠَّﻴْﻞِ
Dan waktu niat adalah awal ibadah, kecuali niat puasa, maka tidak boleh di dalamnya membarengkan dengan terbit fajar, apabila adanya puasa adalah puasa fardhu, karena wajib memalamkan niat di dalamnya. Dan boleh niat dari awal malam.
Qultu :
Istishab niat adalah setiap perbuatan wudhu tidak kosong dari niat. Yang demikian dibagi menjadi dua, yaitu secara hukum dan secara mengingat. Istishab niat secara hukum adalah tidak mendatangkan niat lain selain niat wudhu sedangkan istishab secara ingatan, yaitu senantiasa mengingat niat wudhu di dalam setiap perbuatan wudhunya.
ﻭَﻛَﻴْﻔِﻴَّﺘُﻬَﺎ ﺗَﺨْﺘَﻠِﻒُ ﺑِﺤَﺴَﺐِ الْأَﺑْﻮَاﺏِ
Dan tatacaranya berbeda beda sesuai bab-bab.
ﻓَﻜَﻴْﻔِﻴَّﺘُﻬَﺎ ﻓِﻲ اﻟْﻮُﺿُﻮْءِ ﻗَﺪْ ﻋَﻠِﻤْﺘَﻬَﺎ ﻭَﺳَﻴَﺄْﺗِﻲْ
ﻛَﻴْﻔِﻴَّﺘُﻬَﺎ ﻓِﻲْ ﻛُﻞِّ ﺑَﺎﺏٍ ﺑِﺤَﺴَﺒِﻪِ
Maka tatacara niat di dalam wudhu kamu sudah mengetahuinya
dan segera akan datang tatacara niat di dalam setiap bab sesuai pembahasannya.
Abdurrachman Asy Syafi'iy
0 comments:
Posting Komentar