KAJIAN FIQIH
KITAB NIHAYATUZ ZAIN
Karya Syaikh Nawawi Al Bantani
بسم الله الرحمن الرحيم
قَالَ الْمُصَنِّفُ رَحِمَهُ اللّٰهُ تَعَالَی
ﻭَﺇِﺫَا ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻰ اﻟْﻮَﺟْﻪِ ﺣَﺎﺋِﻞٌ ﻭَﺟَﺒَﺖْ ﺇِﺯَاﻟَﺘُﻪُ
Apabila di atas wajah ada penghalang, maka wajib
menghilangkannya.
Qultu :
Maksudnya sesuatu yang menghalangi air smpai ke
kulit wajah.
ﻭَﻣِﻨْﻪُ اﻟﺮَّﻣْﺺُ ﻓِﻲ اﻟْﻌَﻴْﻦِ ﻭَاﻟْﻮَﺳْﺦُ اﻟَّﺬِﻱْ ﻳَﻜُﻮْﻥُ
ﻓِﻲ ﺑَﺎﺏِ الْأَﻧْﻒِ فَلَا ﺑُﺪَ ﻣِﻦْ ﺇِﺯَاﻟَﺔِ ﺫَﻟِﻚَ
dan sebagian dari penghalang adalah belek di mata dan upil
di pintu hidung, maka tidak boleh tidak dari menghilangkan yang demikian itu.
Qultu :
Yang dimaksud baabul anfi (pintu hidung) adalah lubang hidung yang nampak oleh orang yang ngobrol dengan kita dalam jarak dekat yang normal.
ﻭَﺇِﺫَا ﻛَﺜُﻔَﺖْ ﻟَﺤْﻴَﺔُ اﻟﺮَّﺟُﻞِ ﻭَﻋَﺎﺭِﺿَﺎﻩُ ﻛَﻔَﺎﻩُ ﻏَﺴْﻞُ
ﻇَﺎﻫِﺮِ ﺫَﻟِﻚَ ﻭَﻫُﻮَ اﻟﻄَّﺒَﻘَﺔُ اﻟْﻌُﻠْﻴَﺎ ﻣِﻦَ اﻟﺸَّﻌْﺮِ
Dan apabila jenggot lelaki dan kedua jambangnya tebal maka
mencukupinya membasuh dzohir yang demikian.
Dan yang dimaksud dzohir adalah lapisan atas dari rambut.
Qultu :
Maksudnya tidak perlu sampai kulit.
ﻭَﺿَﺎﺑِﻂُ اﻟْﻜَﺜَﺎﻓَﺔِ ﺃَﻥْ لَا ﺗَﺮَﻯ اﻟْﺒَﺸَﺮَﺓَ ﻣِﻦْ خَلَاﻝِ
اﻟﺸَّﻌْﺮِ ﻋِﻨْﺪَ التَّخَاﻃُﺐِ ﻣَﻊَ اﻟْﻘُﺮْﺏِ
Dan batas tebal adalah kamu tidak melihat kulit dari
sela-sela rambut ketika bercakap-cakap disertai jarak dekat.
ﻭَﻟَﻮْ ﺧَﻔَّﺖِ اﻟﻠَّﺤْﻴَﺔُ ﻭَاﻟﻌَﺎﺭِﺿَﺎﻥِ ﺑِﺄَﻥْ ﺗَﺮَﻯ اﻟْﺒَﺸَﺮَﺓَ
ﻣِﻦَ اﻟﺸَّﻌْﺮِ ﻋِﻨْﺪَ اﻟﺘَّﺨَﺎﻃُﺐِ ﻣَﻊَ اﻟْﻘُﺮْﺏِ ﻭَﺟَﺐَ ﻏَﺴْﻞُ اﻟﻈَّﺎﻫِﺮِ ﻭَاﻟْﺒَﺎﻃِﻦِ
ﻭَﻫُﻮَ اﻟﻄَّﺒْﻘَﺔُ اﻟﺴُّﻔْﻠَﻰ ﻭَﻣَﺎ ﻓِﻲْ خَلَاﻝِ اﻟﺸَّﻌْﺮِ
Jika jenggot dan kedua jambang tipis, dengan batas kamu melihat kulit dari rambut ketika bercakap-cakap disertai jarak dekat, maka wajib membasuh bagian dzohir dan bathin, dan bagian bathin adalah lapisan bawah rambut dan apa-apa yang ada di sela-sela rambut.
ﻭَﺑَﺎﻗِﻲ ﺷُﻌُﻮْﺭِ اﻟْﻮَﺟْﻪِ ﺇِﻥْ ﻛَﺜُﻒَ ﻭَﺧَﺮَﺝَ ﻋَﻦْ ﺣَﺪِّ اﻟْﻮَﺟْﻪِ
ﻛَﻔَﻰ ﻏَﺴْﻞُ ﻇَﺎﻫِﺮِﻩِ ﻭَﺇِلَّا ﻭَﺟَﺐَ ﻏَﺴْﻞُ ﻇَﺎﻫِﺮِﻩِ ﻭَﺑَﺎﻃِﻨِﻪِ
Dan rambut-rambut wajah yang lain, jika tebal dan keluar
dari batas wajah, maka cukup membasuh bagian dzohirnya, jika tidak demikian
maka wajib membasuh bagian dzohirnya dan bathin nya.
Qultu :
Maksudnya jika masuk batas wajah dan tipis maka
wajib membasuh bagian dzohir dan bagian bathin.
Halaman : 22
Abdurrachman Asy Syafi'iy
0 comments:
Posting Komentar